Pengertian Pemrograman (Progamming)

         Pemrograman adalah penggunaan satu atau lebih algoritma untuk menjadi bahada pemrograman yang saling berkaitan, di mana pada akhirnya dapat menghasilkan suatu program di komputer.

Tips dan Cara Belajar Pemrograman  Untuk Pemula

  1. Pilih Bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dan dikusai

Langkah pertama untuk belajar pemrograman secara otodidak adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari.

 Tips dalam memilih bahasa pemrograman adalah didasarkan atas kemauan yang ada pada diri kamu. Jika kamu masih pemula dalam bidang ini kamu dapat mempelajari HTML terlebih dahulu, selanjutnya Ketika kamu sudah menguasai mengenai HTML kamu bisa lanjut ke pembahasan selanjutnya

Belajar pemrograman tidak cukup dengan menguasai satu bahasa pemrograman saja. Kamu perlu pula meningkatkan hal-hal di bawah ini.

  • Meningkatkan cara mempelajari bahasa dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi
  • Buat notulensi kecil untuk mencatat poin penting dalam bahasa yang sedang kamu pelajari
  • Membaca ulang catatan sesering mungkin agar tidak mudah lupa
  • Gunakan bantuan modul atau bahan bacaan pemrograman dengan tutorial lengkap

Langkah kedua dalam cara bealajar bahasa adalah penggunaan modul atau buku sebagai alat pendukung dalam belajar.

Kamu perlu memilih modul dan buku yang tepat dengan tutorial cara belajar yang lengkap. Menggunakan bahasa bacaan yang terpisah dan tercecer hanya akan membuat proses belajar yang kamu lakukan semakin lama.

  • Buat dan susun jadwal belajar pemrograman

Langkah ketiga dalam cara belajar pemrograman yaitu membuat jadwal belajar . Kamu dapat membuat jadwal harian ataupun mingguan.

Kamu perlu memaksakan diri untuk menaati jadwal belajar pemrograman yang kamu buat, jangan terbiasa untuk absen untuk tidak belajar meski hanya satu kali saja.

Dalam Menyusun jadwal belajar pemrograman kamu bisa meluangkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dalam satu hari untuk belajar. Kamu bisa membuat jadwal belajar yang tidak mengganggu aktivitas kamu sahari-hari.

  • Lakukan praktek sebanyak-banyaknya

Langkah keempat adalah melakukan praktek sebanyak mungkin. Praktek adalah salah satu kunci keberhasilan kamu dalam belajar.

Jangan bosan untuk mengulangi praktek hingga berkali-kali. Semakin kamu hafal apa yang kamu kerjakan saat praktek, maka hal tersebut akan baik untuk pemahamanmu.

  • Hindari melakukan copy paste

Dalam beberapa kondisi, copy paste memang perlu dilakukan. Namun Ketika kamu belajar programming kamu tidak boleh sepenuhnya mengikuti apa yang di jelaskan dalam tutorial atau modul

Jika sekali atau dua kali mengikuti modul hal tersebut masih bisa dikatakan wajar. Tapi jika kamu sering meniru dan bahkan berkali-kali megikuti segala sesuatu yang terdapat pada modul itu hanya akan merugikan kamu saja

Kamu perlu yakin dengan kemampuan yang kamu punya dengan mencoba mengembangkan sendiri tutorial yang terdapat pada modul.

  • Lakukan perbaikan secara mandiri

Langkah belajar yang berikutnya yaitu berarti melakukan perbaikan sendiri saar terjadi masalah seperti debug dan lain-lain. Lakukan perbaikan dari kesalahan saat melakukan praktek penting kamu lakukan agar kamu dapat melakukan perbaikan. Cara mudah mengatasi permasalahan yang mendasar adalah dengan meneliti Kembali cara kamu dalam membuat program.

  • Melakukan praktek secara konsisten

Praktek yang di lakukan dalam waktu lama cara yang di lakukan tidak lebih baik di bandingkan praktek dalam waktu sebentar namun sering di lakukan.

Tidak masalah hanya belajar satu dalam satu hari asal konsisten setiap hari lamu lakukan, di bandingkan kamu belajar selama 6 jam namun hanya s=di lakukan 1 kali dalam seminggu.

Editor:Rizki Eka

Terimakasih sudah mengunjungi website kami


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?