Sumber: Qiscus

Bagi Anda pengguna perangkat komputer pasti sudah tak asing lagi dengan istilah virus komputer. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain pada sebuah sistem komputer.

Sama dengan virus pada manusia, virus komputer dianalogikan sebagai perusak sistem di komputer. Jika terus dibiarkan dalam sistem komputer, virus akan dapat merusak sistem bahkan merusak perangkat secara keseluruhan.

Tak hanya itu, berbagai jenis virus komputer yang ada dapat menghapus file, mencuri data, dan dengan mudahnya menginfeksi perangkat lain di jaringan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Terdapat berbagai jenis virus komputer yang diketahui dapat membahayakan perangkat komputer. Jenis-jenis virus komputer ini patut Anda waspadai jika muncul pada sistem komputer Anda.

Macam-macam Virus Komputer

1.  Virus Worm

Virus yang menginfeksi komputer menggunakan email dan terhubung dalam jaringan internet. Virus ini dapat menggandakan diri, membuat file acak tak berguna pada komputer sehingga membuat memori penyimpanan cepat penuh dan sistem komputer menjadi rapuh.

2.  Multipartite Virus

Virus ini menginfeksi sistem operasi dan program tertentu yang jika tidak diatasi akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk.

3.  FAT Virus

Virus yang tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi dan mampu merusak file tertentu. Virus ini bisa menyembunyikan file sehingga terlihat bahwa file hilang atau terhapus.

4. Resident Virus

Jenis jenis virus komputer yang pertama ada resident virus atau virus penduduk mengatur di RAM dan mencampuri operasi sistem komputer. Resident Virus terbilang sangat licik. Bahkan mereka dapat melampirkan sendiri ke file perangkat lunak anti-virus Anda.

5.  Companion Virus

Virus ini mengganggu data pribadi milik Anda dan bersembunyi di dalam hard disk. Sangat sulit untuk mendeteksinya karena virus ini merusak format data palsu.

6.  Virus Backdoor

Virus ini mirip dengan trojan, tapi bentuknya serupa dengan file biasa seperti game. Nama backdoor merujuk pada mekanisme virus bisa yang mengakses sistem, jaringan, atau aplikasi.

7.  Directory Virus

Virus ini membuat komputer melambat dan tidak bisa membuka program. Virus ini juga menginfeksi file berekstensi .exe sehingga file bisa hilang atau eror tanpa alasan. Ketika file .exe ini bekerja, virus itu akan aktif dan menginfeksi file lainnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?