CorelDRAW adalah editor grafis vektor yang di kembangkan dan di pasarkan oleh Corel Corporation dari Ottawa, Kanada.  adalah software yang di rancang untuk mengedit gambar dua dimensi seperti vektor, ilustrasi dan edit foto, sehingga banyak perusahaan percetakan yang menggunakan software ini.

Saat di rilis pertama kali tanggal 16 Januari 1989, CorelDRAW di kembangkan untuk Microsoft Windows 2.1, Windows 3.1x, CTO dan OS/2. Versi terbaru CorelDRAW Graphics Suite 2021 (setara dengan versi 23) yang di rilis pada Maret 2021 tersedia lintas platform untuk pengguna Windows, MacOS, Website, iPad dan perangkat seluler lain

Pada versi CorelDRAW Graphics Suite 2021 tersedia fitur baru seperti aset manajemen dinamis, akses ke online Google fonts, live comments, kolaborasi alur kerja, menggambar dalam perspektif, tampilan multi page, penyesuaian gambar, ekspor multi-asset, project dashboard, halaman docker/inspector, halaman autofit, bantuan HEIF, ekspor/impor koleksi font, penggantian warna, dan beberapa fitur yang mendapat peningkatan.

Fungsi

1. Membuat desain logo

Logo adalah elemen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, brand, produk ataupun instansi. Desainer menggunakan CorelDRAW untuk membuat desain logo yang cocok untuk kebutuhan klien mereka.

2. Membuat desain brosur, poster, dan undangan

Dengan menggunakan CorelDRAW kamu dapat membuat desain yang menarik untuk brosur, poster, dan undangan dengan membuat kombinasi font dengan gambar dan beragam warna.

3. Membuat desain sampul buku

Sampul buku yang menarik dapat membantu pembaca tertarik untuk melihat lebih lanjut mengenai buku tersebut. CorelDRAW juga dapat membantu desainer membuat sampul buku dengan beragam style mulai dari desain sederhana hingga desain yang kompleks.

4. Membuat ilustrasi

Kamu dapat menggambar ilustrasi di CorelDRAW dengan menggabungkan vektor, gambar, dan menggunakan beragam pilihan warna yang tersedia di software ini.

5. Membuat Kartun

Dengan menggabungkan garis dan lengkungan, kamu bisa menciptakan gambar tokoh imajinatif dengan software CorelDRAW ini. Gabungkan tokoh tersebut dengan alur cerita yang menarik dan kamu dapat membuat kartunmu sendiri.

Fitur unggulan aplikasi 

1. Kolaborasi

CorelDRAW memiliki fitur kolaborasi yang dapat membantu kamu bekerja sama dengan desainer lain. Kamu dapat dengan mudah melihat dan mengedit file tersebut bersama banyak orang lainnya. 

2. Alat tipografi

CorelDRAW menyediakan alat tipografi yang dapat membantu kamu membuat atau mengkreasikan font kamu sendiri dengan mempertebal atau menipiskan huruf dari font tersebut.

3. PowerTRACE™

Keunggulan CorelDRAW adalah dapat melakukan konversi bitmap menjadi vektor dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Kamu dapat melakukan konversi bitmap ke objek vektor, mencoba melakukan ekstrak garis tengah bitmap atau outline dari bitmap

Kelebihan dan kekurangan 

KelebihanKekurangan
Mudah di gunakan
Dengan tampilannya yang mudah dipahami dan fitur yang mudah dipelajari, membuat pengguna lebih mudah terbiasa dengan tata letaknya, sehingga CorelDRAW adalah software yang banyak direkomendasikan untuk desainer pemula. 
Sulit membuat tabel
Sayangnya kamu akan kesulitan membuat tabel di CorelDRAW karena software ini berbasis vektor, sehingga saat membuat tabel kamu mungkin butuh usaha yang lebih agar menghasilkan tabel yang kamu inginkan.
Format file impor/ekspor yang cukup lengkap dengan resolusi tinggi
CorelDRAW menyediakan cukup banyak format untuk keperluan menyimpan, impor dan ekspor data, contohnya format AI agar file dapat dibuka di software Adobe IllustratorFile akhir yang dihasilkan juga memiliki resolusi tinggi sehingga gambar yang dicetak tidak akan pecah.
Ukuran file yang besar
Kekurangan terbesar CorelDRAW adalah ukuran filenya yang besar, sehingga untuk memasang software ini kamu membutuhkan PC dengan spesifikasi mumpuni dan kapasitas RAM yang tinggi, karena ukuran file mentah hasil desain yang dibuat cukup besar.
Tersedia banyak alat
CorelDRAW adalah software yang menyediakan beragam alat dengan fungsi menarik seperti selection, editing, dan pemberian efek. 
Color space yang perlu dikoreksi
Walaupun tersedia banyak tool di software ini, namun banyak desainer yang kurang menyukai hasil warna yang dihasilkan karena akurasi warna dari palet yang dihasilkan secara digital seringkali berbeda setelah dicetak.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?