Bahasa Pemrograman: Pengertian, Jenis, dan Penggunaannya - Accurate Online

6 Macam Bahasa Pemrograman

Di artikel ini mimin akan menjelaskan 6 bahasa pemrograman, di antaranya : HTML, CSS, SQL, JAVA, JAVA SCRIPT, & C.

1. HTML (Hypertext Marup Language)

Hypertext Marup Language/HTML adalah bahasa markup yang di gunakan untuk membuat struktur halaman website. 

HTML terdiri dari kombinasi teks dan simbol yang di simpan dalam sebuah file. Dalam membuat file HTML, terdapat standar atau format khusus yang harus di ikuti. Format tersebut telah tertuang dalam standar kode internasional.

2. CSS (Cascading Style Sheet)

Cascading Style Sheet/CSS berguna untuk menyederhanakan proses pembuatan website dengan mengatur elemen yang tertulis di bahasa markup.

CSS di pakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website (front end). CSS menangani tampilan dan ‘rasa’ dari halaman website.

Ada banyak hal yang dapat di lakukan menggunakan CSS di bandingkan dengan bahasa pemrograman inti seperti HTML dan PHP. Ketika menggunakan CSS, kita dapat mengatur warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background yang di pakai.

3. SQL (Structured Query Language)

Structured Query Language/SQL adalah sebuah bahasa yang di gunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang di gunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

4. JAVA

JAVA adalah adalah bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya di buat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems, yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan di rilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.

5. JAVA SCRIPT

JAVA SCRIPT adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript merupakan salah satu teknologi inti World Wide Web selain HTML dan CSS. JavaScript membantu membuat halaman web interaktif dan merupakan bagian aplikasi web yang esensial.

6. Bahasa Pemrogaman C

Bahasa Pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?