AMS Star -Sangat penting untuk mempelajari tanda-tanda sergapan infeksi terhadap sebuah laptop.Virus komputer adalah perangkat lunak berbahaya yang mengikuti kode aplikasi tertentu untuk kemudian menyebar dan memproduksi dirinya sendiri.

Ketika aplikasi itu berjalan, ia akan memproses kode virus tersebut, sehingga rentan akan terjadinya kerusakan. Oleh karenanya, perlu dan penting untuk mengenali beberapa tanda apabila virus menginfeksi laptop atau komputer Anda.Virus via Sambungan InternetMelansir LaptopMD, saat ini mayoritas virus menyebar melalui sambungan internet.

Cara yang paling licik dilakukan virus, yakni ketika kode yang terinfeksi berjalan sebagai JavaScript di dalam browser web. Lalu, virus tersebut mengeksploitasi celah keamanan untuk kemudian menginfeksi program yang diinstal secara lokal di Laptop Anda.Banyak virus yang menimbulkan kerusakan fatal, bahkan sebelum Anda menyadarinya.

Sangat penting untuk mempelajari tanda-tanda infeksi, sehingga Anda dapat segera mungkin mengambil tindakan.Dihimpun Tempo dari CSO Online, berikut lima tanda apabila laptop terinfeksi virus:

Muncul Pop-Up yang Mengganggu

Jika iklan pop-up muncul ketika Anda tidak membuka website, hal itu mungkin virus yang membuatnya. Beberapa penyebar malware sengaja melakukannya, dengan maksud untuk menghasilkan pendapatan dengan mengirimkan iklan laptop Anda melalui tampilan Pop-Up ini. Meskipun hal itu tidak dilakukannya tanpa seizin Anda. Jika Anda mengalami hal ini, silakan abaikan tampilan jendela Pop-Up tersebut.

Laptop Bekerja Sangat Lambat

Jika kinerja laptop Anda tiba-tiba melambat, itu mungkin salah satu pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Jenis malware atau virus tertentu, seperti Cryptojacking akan membebani perangkat Anda. Mereka secara efektif “mencuri” sumber daya laptop Anda untuk disalahgunakan oleh peretas.

Perangkat Tiba-tiba Berhenti

Terkadang perangkat laptop Anda akan menjadi benar-benar tidak responsif atau reboot sendiri secara tiba-tiba. Hal ini mungkin gejala ekstrem dari masalah overheating; atau sumber daya komputer Anda menjadi sangat kelebihan beban sehingga harus dimatikan.

Reboot yang tidak terduga dipastikan ada sesuatu yang salah, meskipun belum tentu virus. Misalnya, aplikasi yang salah dikonfigurasi atau buggy juga dapat membebani sumber daya sistem.

Mendapat Email Tak Dikenal

Ketika Anda mendapat email yang tak jelas juntrungannya atau isi pesan email itu tidak jelas maksudnya, maka dapat dimungkinkan virus yang telah mengirimnya. Virus juga dapat menyusup akun media sosial pribadi Anda. Jika hal ini terjadi, peretas akan mengetahui detail aktivitas login Anda dan memungkinkan mereka mengirim pesan tanpa izin.

Ada Peringatan dari Aplikasi Anti-Virus

Perangkat lunak anti-virus, seperti Panda Dome, Smadav, Avast, dan lainnya, akan memindai laptop Anda dan mencari bukti apabila terdapat keberadaan virus. Jika ditemukan virus, secara otomatis aplikasi tersebut akan menghapus file yang mencurigakan. Anda kemudian akan menerima pemberitahuan yang berisi himbauan kepada untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

Editor by : AMS Star


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?