Sumber: Infokomputer

Aplikasi Edit Video sekarang ini sangat dibutuhkan karena di jaman seperti saat ini mengedit video menjadi kebutuhan yang cukup sering dilakukan apalagi untuk para vlogger dan Youtuber. Bagi anda yang sedang bingung menentukan aplikasi terbaik apakah untuk keperluan edit video untuk PC maupun laptop, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa anda coba.

  1. Adobe Premiere Pro

Sudah menjadi pilihan software populer khusus editing video yakni Adobe Premiere Pro. Menariknya di dalam proses editing video software satu ini dikatakan lebih mudah dalam memadukan antara suara dan video. Jadi prosedur dari pengolahan video hingga menjadi satu kesatuan lebih menarik pun jadi lebih mudah dan ringan.

2.   Windows Movie Maker

Jika selama ini Anda masih belum mahir dalam mengedit video cobalah gunakan Windows Movie Maker. Dari software edit video satu ini telah tersedia beberapa fitur seperti transisi, penggabungan suara, cutting video, hingga beberapa fitur lainnya. Meskipun dari kualitas video masih dikatakan belum cukup baik, tetapi Windows Movie Maker ini cocok digunakan untuk pemula.

Dari ukuran software satu ini tidaklah besar, sehingga Anda masih bisa menggunakannya untuk sekedar berlatih membuat sebuah konten sederhana ataupun membuat proyek video dengan tema lebih mudah dibuat. Fitur di dalam Windows Movie Maker memang dirancang untuk pembuatan video sederhana, dan akhirnya hasil editor video bisa dikatakan sempurna jika sudah berhasil mengoperasikan software satu ini.

3.    Final Cut Pro

Bagi kamu yang sudah familiar dengan Mac, Final Cut Pro adalah software editing video yang cocok untukmu.

Software yang diluncurkan sejak 2011 ini memiliki tampilan yang serupa dengan software Mac lainnya.

Kamu juga bisa menyambungkan Final Cut Pro dengan Photos dan koleksi iTunes-mu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah meng-import video yang ingin kamu edit.

Selain itu, Final Cut Pro juga bisa menghapus kamera dan tripod yang muncul di video, seperti dilansir dari PC Mag.

Fitur ini sangat berguna jika kamu memiliki video yang diambil secara 360 derajat. Biasanya kamera atau tripod ikut masuk dalam video yang kamu ambil.

Secara umum, Final Cut Pro dapat digunakan baik oleh editor video amatir maupun profesional karena fiturnya yang lengkap dan mudah dipahami.

4.   Lightworks

Banyak film ternama Hollywood yang diedit menggunakan software ini, antara lain The Wolf of Wall Street, Mission Impossible, Shutter Island, dan Pulp Fiction.

Maka, dapat disimpulkan bahwa software yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang sudah profesional dalam mengedit video, termasuk jika kamu bekerja dalam bidang broadcasting.

Menariknya, Lightworks memiliki versi gratis yang membuatnya bisa digunakan oleh siapa saja.

Namun, dalam versi gratis, kamu hanya bisa meng-export video dengan resolusi paling tinggi 720p.

Sementara itu jika menggunakan versi berbayar, kamu bisa meng-export video dengan resolusi HD, PAL, dan NTSC.

5. Lightworks

Kalau yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka gratisan. Lightworks sudah ada sejak 20 tahun lalu dan menjadi salah satu aplikasi video maker berlabel gratis namun mendukung berbagai sistem operasi populer. Ada banyak sekali format yang bisa diolah menggunakan software tersebut, misalnya Avid, Avc-Intra, HD 422, RED R3D dan banyak lagi.

Untuk versi gratis, kamu dapat menggunakan Lightworks untuk mengubah atau menambah text atau title, mengedit menggunakan bantuan multicam, dan juga bisa menyematkan banyak built-in preset supaya video semakin menarik.

Tapi tidak sampai di situ saja loh, sebenarnya keunggulan yang paling menonjol menurut saya karena desain simpel dan mudah diakses dari fitur superior trimming. Sekedar info tambahan saja, Lightworks kabarnya sudah lama menjadi program andalan untuk produksi film terkenal contohnya The Wolf of Wall.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?