Untuk menjamin agar seluruh data penting yang dimiliki perusahaan tetap aman dan terjaga, dibutuhkan suatu sistem keamanan jaringan komputer yang mumpuni dan terstruktur dengan baik demi mencegah penggunaan yang tidak sah agar tidak dapat menyusup dan mengakses seluruh informasi yang dimiliki perusahaan.

Namun hal penting yang harus diingat adalah tidak ada jaringan yang 100% aman dan anti dari penyadapan. Hal ini karena sifat dari jaringan itu sendiri yang bersifat melakukan komunikasi. Hal yang dapat dilakukan hanyalah dengan berupaya untuk membuat komunikasi yang terjadi benar-benar aman dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Cara Menjaga Keamanan Jaringan internet

Untuk melindungi dan menjaga jaringan anda supaya tetap aman, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Ubah nama pengguna dan kata sandi default Wi-Fi anda. 

Hal pertama yang dapat anda lakukan yaitu mengubah nama pengguna dan kata sandi default Wi-Fi anda, Penyedia Wi-Fi akan menetapkan nama pengguna dan kata sandi default Wi-Fi saat anda baru memasangnya, yang tentunya peretas dapat dengan mudah menemukan kata sandi default ini secara online. Jika mereka dapat masuk ke jaringan, mereka dapat mengubah kata sandi menjadi apa pun yang mereka suka, mengunci pemiliknya dan membajak jaringan.

Mengubah nama pengguna dan kata sandi mempersulit penyerang untuk mengidentifikasi Wi-Fi milik anda dan mendapatkan akses ke jaringan. Peretas memiliki alat canggih untuk menguji ribuan kemungkinan kombinasi kata sandi dan nama pengguna, jadi sangat penting untuk memilih  kata sandi  yang kuat yang menggabungkan huruf, angka, dan simbol agar lebih sulit diretas.

2. Aktifkan Enkripsi Jaringan Nirkabel

Enkripsi adalah salah satu cara paling efektif untuk melindungi data jaringan Anda. Enkripsi bekerja dengan mengacak data Anda atau isi pesan sehingga tidak dapat diuraikan oleh peretas.

enis enkripsi paling aman yang digunakan untuk jaringan Wi-Fi rumah Anda adalah  WPA2 .

Untuk memeriksa apakah router Anda menggunakan enkripsi WPA2, lihat pengaturan jaringan Anda dan periksa properti nirkabel. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih metode enkripsi terbaik saat Anda bergabung dengan jaringan nirkabel.

3. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN  adalah jaringan yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi tanpa jaminan. VPN mengenkripsi data Anda sehingga peretas tidak dapat mengetahui apa yang Anda lakukan saat online atau di mana Anda berada.

VPN juga akan mengubah alamat IP Anda, membuatnya tampak bahwa Anda menggunakan komputer dari lokasi lain selain alamat rumah Anda. Selain desktop, juga dapat digunakan di laptop, ponsel, atau tablet.

4.  Matikan Jaringan Wi-Fi Anda Saat Tidak Di Gunakan

Jaringan Wi-Fi rumah Anda tidak perlu berjalan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Mematikan Wi-Fi Anda saat tidak digunakan terlebih lagi saat anda jauh dari rumah mengurangi kemungkinan peretas oportunistik mencoba membobol jaringan rumah anda saat anda tidak ada.

5 . Perbarui Software Router Secara Rutin

Software Router harus diperbarui untuk melindungi keamanan jaringan. Software Router sama seperti jenis perangkat lunak lainnya dapat berisi kerentanan yang bisa dieksploitasi oleh peretas. Sebagian besar perute tidak memiliki opsi pembaruan otomatis sehingga Anda harus memperbarui Software Router secara manual untuk memastikan jaringan rumah Anda terlindungi.

Editor : Rsyad.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?