10 Jenis Virus Komputer dan Virus Paling Berbahaya

Masalah umum yang sering terjadi pada komputer atau laptop adalah terserang virus. Akibat dari serangan virus itu juga bisa membuat performa laptop melambat, file penting tidak terbaca atau hilang, hingga peretasan akun. Namun, seiring berkembangnya zaman, teknologi untuk mencegah virus juga semakin canggih. Itulah mengapa sekarang jarang terjadi serangan virus yang menggemparkan.berikut 10 Jenis Virus Komputer dan Virus Paling Berbahaya

Macam-macam Virus Komputer

1.  Virus Worm Virus yang menginfeksi komputer menggunakan email dan terhubung dalam jaringan internet.Virus ini dapat menggandakan diri, membuat file acak tak berguna pada komputer sehingga membuat memori penyimpanan cepat penuh dan sistem komputer menjadi rapuh.

2.  Virus Trojan ini muncul melalui jaringan internet dan email yang di terima. Trojan memiliki kemampuan memperoleh informasi seperti password, kebiasaan user yang tercatat dalam sistem log, data, bahkan mengendalikan target.

3.  Multipartite Virus

ini menginfeksi sistem operasi dan program tertentu yang jika tidak di atasi akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk.

4.  Web Scripting Virus

Web Scripting muncul ketika komputer tersambung dengan internet dan mengganggu program dalam komputer. Sebenarnya, Web Scripting adalah sebuah kode program yang di gunakan untuk mengoperasikan konten dalam website dan bukan termasuk virus. Namun, karena mengganggu maka di golongkan ke dalam virus.

5.  FAT Virus

Virus yang tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi dan mampu merusak file tertentu. Virus ini bisa menyembunyikan file sehingga terlihat bahwa file hilang atau terhapus.

6.  Memory Resident Virus

Virus ini menginfeksi RAM dan program komputer sehingga membuat kinerja laptop melambat. Virus ini aktif saat komputer di nyalakan dan mengakibatkan program berjalan tidak normal.

7.  Companion Virus

Virus ini mengganggu data pribadi milik Anda dan bersembunyi di dalam hard disk. Sangat sulit untuk mendeteksinya karena virus ini merusak format data palsu.

8.  Virus Backdoor

Virus ini mirip dengan trojan, tapi bentuknya serupa dengan file biasa seperti game. Nama backdoor merujuk pada mekanisme virus bisa yang mengakses sistem, jaringan, atau aplikasi.

#sumber


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?