Apa itu Extends Reality
Extended Reality atau biasa disingkat XR adalah istilah umum yang mencakup seluruh spektrum realitas yang dibantu oleh teknologi imersif, misalnya Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Augmented Virtuality (AV), Mixed Realities (MR), dan future realities. Saat ini, banyak film fiksi ilmiah yang menggunakan konsep Extended Reality (XR), tetapi mengoperasikannya di dunia nyata sangat berbeda.
Tak heran kalau banyak orang yang berani untuk berinvestasi dalam pengembangan teknologi baru. Karena dampaknya pada kehidupan manusia bisa cukup besar. Keberadaan teknologi ini akan menunjang aktivitas manusia sehari-hari.
Cara kerja XR
Untuk memahami aspek teknis dari Extended Reality (XR), kita perlu memahami teknologi yang digunakan untuk membuat Extended Reality (XR):
- Augmented Reality (AR): Konsep augmented reality adalah objek virtual dan imajinasi diletakkan di dunia nyata. Augmented reality tidak menempatkan kita ke dalam grafik virtual atau yang dihasilkan komputer, melainkan hanya menciptakan ilusi dalam gadget digital. Pengguna masih memiliki akses ke dunia nyata dan mereka dapat sepenuhnya berinteraksi di kedua dimensi tersebut.digital.
- Virtual Reality (VR): Dalam virtual reality, pengguna dimasukkan ke dalam lingkungan yang sepenuhnya virtual, di mana mereka hanya dapat berinteraksi di dunia virtual. Grafik yang dihasilkan sebagian besar adalah komputer dan objek buatan dirancang untuk memberikan nuansa nyata. Pengguna dapat merasakan setiap bagian dari virtual reality. Perangkat VR khusus diperlukan untuk menempatkan pengguna ke dalam lingkungan ini yang memberi mereka pandangan 360 derajat dari dunia virtual. Perangkat ini dirancang untuk memberikan banyak ilusi nyata kepada pengguna. Contoh dari VR adalah pada saat pengguna bermain game dengan menggunakan device virtual reality.
- Mixed Reality (MR): Mixed reality adalah kombinasi dari AR dan VR, di mana seseorang dapat berinteraksi dengan dunia digital maupun dunia nyata secara bersamaan. Pengguna dapat memvisualisasikan lingkungan mereka di perangkat MR khusus. Perangkat MR ini jauh lebih canggih dan lebih mahal dibandingkan perangkat VR. Tetapi perangkat ini membuat kita dapat berinteraksi dengan lingkungan secara digital. Misalnya, melalui perangkat MR akan membuat kita dapat melihat pemandangan seluruh lingkungan kita. Kemudian kita juga dapat melakukan apa pun yang diinginkan, seperti melempar bola, menutup jendela, dan lain sebagainya yang akan ada secara digital melalui headset MR, tetapi dalam kenyataannya, semuanya akan tetap seperti apa adanya.
Contoh penggunaan teknologi extended reality
- Hiburan
Extended reality untuk hiburan (Wikimedia Commons/dronepicr)
XR untuk hiburan dan game mungkin terdengar ringan, tetapi suatu saat dapat menjadi segmen pasar nomor satu. Pengguna dapat secara dekat merasakan seperti apa adegan yang mereka pilih secara langsung, apakah menyeberang ke tempat lain, atau menjelajahi dunia futuristik yang fantastis.
- Marketing
Dunia virtual adalah peluang baru untuk marketing dan periklanan, di mana brand dapat terlibat dengan konsumen baru dan menawarkan cara baru untuk menyajikan dan berinteraksi dengan produk virtual.
- Real estate
Pialang dan pemilik properti dapat mengoptimalkan layanan real estate dengan memfasilitasi calon klien dan penyewa untuk dapat menjelajahi properti dalam format virtual. Dengan cara yang sama, desainer interior dan arsitek dapat memanfaatkan XR untuk tata letak, desain, dan rencana konstruksi.
- Kesehatan
Teknologi XR dapat menawarkan analisis yang lebih baik bagi para profesional di bidang medis. Menawarkan kemungkinan pelatihan untuk operasi, diagnosis, dan perawatan. XR dapat menekan biaya dari pendidikan bidang medis karena dapat memanfaatkan objek virtual untuk keperluan praktik.
- Bidang manufaktur
Industri manufaktur terkadang memberikan dampak yang berbahaya. Penggunaan teknologi AR memungkinkan pekerja untuk melakukan tindakan tersebut dari jarak yang aman. Misalnya, seorang karyawan dapat mengarahkan robot untuk melakukan beberapa tugas yang melibatkan bahan kimia berbahaya yang menimbulkan risiko.
- Pendidikan
Teknologi AR memberi siswa pengalaman dunia nyata tanpa memerlukan ruang kelas.
- Pariwisata
Wisatawan potensial dapat ‘mengintip’ lokasi dan infrastruktur dari seperti hotel, wahana permainan, dan suatu daerah tertentu sebelum berkomitmen untuk membeli tiket dan menuju ke destinasi pilihan.
Teknologi XR belum menjadi kenyataan yang dapat hadir secara permanen dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, sudah memberikan gambaran akan evolusi masa depan dunia yang tercermin dalam kemajuan teknologi seperti metaverse.
Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan XR
- Biaya:Biaya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan yang mengembangkan XR. Hal ini dikarenakan perangkat XR memerlukan biaya yang sangat mahal.
- Perangkat Keras:Mengembangkan perangkat keras XR juga merupakan tantangan bagi perusahaan di bidang ini. Hal ini dikarenakan akan ada banyak teknologi, perangkat lunak serta komponen yang digunakan, dan membuat perangkat keras adalah tugas yang sulit.
- Privasi: banyak detail pribadi yang mungkin diperlukan untuk menciptakan lingkungan tersebut. Penyimpanan data semacam itu akan membutuhkan biaya yang mahal bagi pihak perusahaan, dan privasi informasi dapat menjadi kekhawatiran bagi pihak pengguna.
Singkatnya, melalui Extended Reality (XR), pengguna dapat mengunjungi tempat secara virtual, merasakan hal yang sama seperti mereka hadir di tempat itu, serta berinteraksi dengan individu lain di XR.
Edit : alex