Software atau perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Nah, salah satu aplikasi software atau perangkat lunak yang dibuat oleh kami, Codelabs Indonesia, yaitu E-MONEY (Payment Gateway Service).

Seiring perkembangan teknologi dan industri, perangkat Lunak saat ini telah sampai di era keempat dalam perkembangannya. Jika kembali ke sejarah era komputerisasi, tantangan dari perkembangannya adalah pengembangan perangkat keras untuk mengurangi biaya olah dan penyimpanan data.

Selama dekade 1980an, komputerisasi mampu mengalami perkembangan yang pesat yang mampu menghasilkan kemampuan komputer dengan baik dengan tingkat biaya rendah. Namun masalahnya adalah mengurangi biaya lebih jauh lagi dengan memperbaiki kualitasnya. Salah satunya dengan cara menggunakan software. Melansir dari biztechacademy.id, Software merupakan perangkat lunak yang disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.

1. Era Pinonir (ERA PERTAMA)

a. Batch Orientation

Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau  dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah online atau interactive process.

Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.

b. Limited Distribution

Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.

c. Customer Software

Software yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan dari  perusahaan-perusahaan tertentu.

2. Era Stabil (Era Kedua)

a. Multi User

Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.

b. Real Time

Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second

c. Database

Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data secara online yang menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).

d. Product Software

Software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

3. Era Mikro (Era Ketiga)

a. Distributed System

Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host Computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah centralized system.

b. Embedded Intellegence

    Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprosesor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.

c. Low Cost Hardware

    Harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.

d. Consumer Infact

    Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.

4. Era Modern (Era Ke-empat)

a. Expert System

Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.

b. AI Machine

Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.

c. Parallel Architecture

Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?