Ilustrasi Update iOS 16. Foto: Ist/Net

Kalian sering mendengar istilah “Ngga iPhone Ngga Keren” ? Hampir semua orang terutama para remaja yang bangga ketika memiliki smartphone dengan merek iPhone, mereka sering membandingkan iOS dengan Android yang dianggap tidak terlalu menarik. Lantas, benarkah klaim tersebut dan apa saja keunggulan-keunggulan iOS daripada Android?

Apa itu iOS?

Salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia ini adalah iOS. Sistem operasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan Apple untuk perangkat mobile buatan mereka salah satunya adalah iPhone. iOS sendiri dirancang untuk hanya bisa beroperasi dengan produk-produk Apple sehingga performa yang diberikan akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sistem operasi android. Untuk versi terbaru dari iOS terhitung saat artikel ini dibuat adalah versi 16 nya dengan beberapa peningkatan dari versi-versi sebelumnya.

iOS vs Android

Android vs iOS, kamu lebih pilih mana? Foto: istimewa

Perdebatan mengenai mana yang lebih unggul dari iOS dan juga Android memang tak kunjung selesai, tetapi untuk saat ini ada sedikit penonjolan performa milik iOS yang membuat Android berada di bawahnya. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh iOS adalah seperti berikut ini :

  1. iOS hanya untuk Apple. Seperti yang sudah dipaparkan di bagian awal. iOS didesain khusus untuk bekerja dengan perangkat keras buatan Apple, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan dan lebih nyaman pada perangkat buatan Apple.
  2. Keamanan, iOS dikenal memiliki sistem keamanan yang lebih baik dan lebih ketat dibandingkan dengan Android. Perusahaan Apple secara teratur memberikan pembaruan keamanan untuk iOS dan memastikan bahwa aplikasi yang tersedia di App Store telah melewati proses verifikasi dan validasi yang ketat sebelum dipublikasikan dari pada aplikasi-aplikasi yang terdapat di google play store.
  3. Tampilan atau User Interface, iOS memiliki tampilan untuk pengguna yang lebih variatif, manarik, dan terkesan efisien sehingga mudah digunakan. Oleh karena itu, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada perangkat keras milik Apple.
  4. iOS memiliki lingkungan pengembangan perangkat lunak yang luas dan populer, dimana hal tersebut memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi mobile yang lebih inovatif dan beragam untuk perangkat-perangkat Apple.
  5. Fitur dan Kinerja yang Baik, iOS memiliki banyak fitur-fitur canggih yang tersedia. Salah satu yang cukup populer dan paling menonjol adalas Siri, Siri membuat pengguna perangkat Apple lebih merasa nyaman dan mudah serta didukung dengan kinerja yang cukup stabil.
  6. Terakhir, Apple memberikan dukungan jangka panjang untuk perangkat iOS milik mereka dengan melakukan pembaruan dan pengoptimalan yang dilakukan secara berkala dan teratur.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki iOS dibandingkan dengan Android. Tak cukup disitu, iOS juga memiliki beberapa kelemahan yang cukup mengganggu dibandingkan dengan Android, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Range harga yang tinggi, Perangkat yang beroperasi menggunakan iOS seperti iPhone cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat yagn beroperasi dengan Android dengan spesifikasi yang serupa.
  2. Terbatasnya aplikasi pihak ketiga, iOS memiliki batasan yang ketat pada aplikasi pihak ketiga yang berarti bahwa pengguna tidak dapat menginstal aplikasi yang tidak disetujui oleh Apple berbeda dengan Android yang terkadang masih bisa lolos.
  3. Keterbatasan pada integrasi dengan perangkat selain Apple, iOS didesain khusus untuk perangkat Apple, sehingga pengguna iOS tidak dapat mengintegrasikan perangkat mereka dengan perangkat selain Apple lainnya.
  4. Sedikitnya opsi perangkat keras yang tersedia, iOS hanya tersedia pada perangkat Apple. Oleh karena hal tersebut, pengguna memiliki keterbatasan dalam hal terkait perangkat keras mereka.

Kebanyakan masalah yang ditimbulkan tersebut disebabkan karena iOS hanya bisa digunakan sebatas pada perangkat-perangkat Apple saja, jadi baik iOS maupun Android sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilihlah sistem operasi yang memang sesuai denga kebutuhan anda dan bukan karena paksaan dan pengaruh yang tidak benar dari orang lain.

Editor : gen


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?