Ada hal baik jika kita menentukan komputer client dan server UN CBT untuk mengupgrade ke spesifikasi yang lebih besar dari yang ditentukan oleh panitia UN CBT pusat namun jika memang kondisi tidak memungkinkan maka sebaiknya jangan dipaksakan. Sekolah kami menggunakan komputer client dengan spesifikasi minimal Prosesor Intel Core 2 Duo, RAM 2 GB. Adapun yang kami sarankan adalah :

Komputer Client :

  1. Prosessor Intel Pentium 4 atau sederajat bagi AMD
  2. RAM 512 MB
  3. HDD 250 GB
  4. Monitor VGA Insya Allah berapapun support
  5. Jangan menggunakan Pentium 2 atau 3, pengalaman kami jika untuk sekedar browser berbasis linux pasti support namun pada ketentuan komputer client harus terinstal exam browser yang bekerja pada sistem operasi windows, panitia tetap menyediakan aplikasi exam browser berbasis linux akan tetapi dalam bentuk virtual box. Nah sekarang anda terjemahkan sendiri, sudah pentium 2 atau 3 berbasis linux kemudian diinstal virtual box, gimana bagi RAM-nya???

Komputer Server :

  1. Usahakan anda memiliki komputer yang memang dirancang untuk server bukan server jadi-jadian, namun jika memang kondisi tidak memungkinkan pakailah komputer client yang memiliki spesifikasi server, kami menyarankan prosesor intel pentium core i7 dengan memory RAM 8 GB. Spesifikasi minimal tersebut cocok untuk satu kelas dengan client 40 siswa. Kami tidak menyarankan lebih dari 40 siswa, kasihan anak-anak nanti jadi lemot.
  2. Komputer server yang bagus adalah built up pabrikan misal DELL, HP atau IBM denga prosesor minimal intel Xeon, RAM usahakan sebesar mungkin ditempat kami, RAM 32 GB untuk 80 Client. Kami pernah mencoba prosesor intel Xeon dengan RAM 8 GB untuk 80 client tidak ada masalah.
  3. Komputer server rakitan memiliki keterbatasan mekipun prosesor intel Xeon dengan RAM 8 GB untuk 80 Client kadang koneksi tidak stabil, karena sistem server built up pabrikan didesain sesuai dengan kebutuhan server baik sisi pendingin maupun yang lainnya. sedangkan rakitan sesuai yang merakit namun biayanya lebih murah.
  4. Di sekolah kami menggunakan server IBM System x3400 M3 RAM 8 GB, DELL T310 RAM 32 GB (pernah kami onlinekan untuk koneksi elearning se-Surabaya tidak ada masalah) dan rakitan intel Xeon 16 GB. Silakan dijadikan referensi, syukur alhamdulillah kalau anda bisa membeli lebih baik.
  5. Cadangan komputer server harus ada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. silakan lihat kendala UN CBT dan solusinya disini
Kategori: Hardware

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?