Pengertian macam-macam MULTIMEDIA

 

Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.Sedangkan menurut beberapa ahli pengertian multimedia adalah sebagai berikut:

Menurut Hofstetter (2001) multimedia adalah penggunaan komputer untuk   menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks, grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer.

*  Menurut Steinmetz (1995) yang dimaksud dengan multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.

Menurut Vaughan (2004) multimedia diartikan sebagai sebuah kombinasi dari text,gambar,suara,animasi dan video yang ditampilkan dalam peralatan elektronik.

*  Menurut Robin dan Linda, (2001) Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif

*   Menurut Turban dan kawan-kawan, (2002) Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video

Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif.

  1. Multimedia linieradalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
  2. Multimedia interaktifadalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.

 

Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut.

 

 

Kategori: Multimedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?