CARA AMPUH DAN SEDERHANA MEMPERBAIKI MOUSE YANG RUSAK

Halo kali ini aku mau berbagi tips memeprbaiki muose yang udah mati atau meski nyala lampunya tapi gak bisa dipakai.

pertama kita kenali dulu mouse tersebut, dengan apa si mouse kita bisa berkomunikasi dengan komputer/ laptop?
jawabanya pasti dengaan kabel.

..kabelnya kecil , didalamnya ada 4 kabel??? ada warnanya ?? kabel apa tuh??

4 kabel itu terdiri dari:

 

  1. Kabel VCC
  2. Kabel Data
  3. Kabel Clock
  4. Kabel GND(Ground)

 

nah sekarang udah tau kan?.. jika salah satu dari kabel tersebut terputus, maka mouse tidak akan berfungsi.

Berdasarkan pengalaman nih, waktu itu banyak muose di gudang pada rusak semua,,, dari pada jadi sampah , mending aku benerin sipa tau bisa,, mousenya kayak gini nih.

nah yang brusak itu pada bagian yang aku kasih panah warna merah. Terus apa saja peralatan yang digunakan untuk memperbaiki??

  1. Cutter/Gunting
  2. Solder
  3. Atractor/ penyedot timah
  4. Timah
  5. Multimeter
  6. Obeng

kurang lebih sperti pada gambar berikut nih.

Kalau sudah lengkap peralatannya,,,siap operasi deh hehe…

  1. Kita buka terlebih dahulu casing mouse.

  1. Potong kabel mouse

sebelum dipotong, buka dahulu roll kabelnya, dengan melepas BOLT penyatunya.

setelah terlepas, silahkan dipotong kabelnya kira-kira pas di tengah gulungan. nanti jadi seperti ini:

memang jadi pendek ya, tapi tidak masalahkan kalau untuk Netbook maupun  Notebook, aku kira masih nyaman buat dipakai.

 

  1. kupas kabelnya , kupas dan bersihkan pelapis kabel dengan dibakar… tapi sedikit aja ya teman-teman,,, jangan dibakar semua..hehhe

 

  1. Lepas kabel yang terhubung ke PCB mouse.

nah yang di lepas pada daerang aku lingkari dengan warna kuning. Jangan lupa dicatat urutan warna kabel, jangan sampai urutan kabelnya salah saat menyambung dengan kabel yang sudah di potong tadi..

  1. Sambungkan kabel yang sudah dipotong dan dibersihkan tadi ke PCB mouse
  2. Pasang kembali casingnya ..

Kategori: Hardware

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?