Memperbaiki Error “System program problem detected” Pada Ubuntu
Pemberitahuan “System program problem detected” pada ubuntu muncul ketika aplikasi mengalami crash. Ubuntu memiliki program yang disebut Apport yang bertugas untuk mendeteksi crash tersebut, kemudian melaporkan crash ini kepada pengembang/developer. Proses ini bermaksud agar pengembang mengetahui letak kesalahan dan segera memperbaikinya.

Tetapi bagi beberapa pengguna tentu sangat mengganggu, untuk itu juka anda merasa terganggu bisa menonaktifkan pemberitahuan tersebut dengan cara berikut.
 

Memperbaiki Error “System program problem detected” Pada Ubuntu

Menghapus file laporan crash

Program Apport membuat sebuah laporan atau log setiap terjadi crash pada aplikasi, dan menyimpannya di folder /var/crash. Beberapa file laporan crash ini menyebabkan muncul pesan error saat booting. Solusinya adalah dengan menghapus file tersebut.
sudo rm /var/crash/*

Setelah menghapus semua file laporan crash, pemberitahuan “System program problem detected” tidak akan muncul hingga terjadi crash lagi pada sebuah aplikasi.

Menonaktifkan apport

Setelah menghapus laporan crash, jika masih muncul pemberitahuan yang sama, maka Anda dapat menonaktifkan program Apport dengan cara mengedit file konfigurasi di /etc/default/Apport.
gksudo gedit /etc/default/apport

Kurang lebih isinya akan seperti ini
# set this to 0 to disable apport, or to 1 to enable it
# you can temporarily override this with
# sudo service apport start force_start=1
enabled=1

Ganti nilai enable menjadi 0. Kemudian restart Apport.
sudo restart apport

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?