7 Framework PHP Untuk Membuat Web Dengan Mudah, Terstruktur & Aman

Hal penting dalam membuat sebuah project website adalah kemudahan dalam pembuatan dan penggunaan, struktural, serta keamanan program. Masalahnya, apakah anda mampu membuat ketiganya dalam program website anda?. Sering kali kita sebagai programmer lebih fokus pada salah satu atau dua dari ketiga hal penting diatas, sementara poin lain diabaikan. Memang, membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa menciptakan ketiga poin diatas. Namun, itu hanya terjadi jika anda tidak cukup cerdas untuk memilih cara yang lebih mudah.

Ketahuilah, bahwa saat ini sudah banyak para programmer seperti anda yang membuat framework opensource/gratis untuk mengatasi tiga poin diatas dengan sangat mudah. Ada berbagai macam framework php opensource dengan keunggulannya masing-masing dan terus dikembangkan sampai saat ini. Jadi, mengapa tidak memanfaatkan salah satunya?

1. Yii

Yii adalah framework php gratis/opensource yang ditulis dalam PHP5 yang dikembangkan untuk aplikasi web 2.0.Saat ini, Yii adalah framework yang paling mudah dan lengkap fiturnya dibandingkan framework lain. Dengan kelengkapan fiturnya itu, Yii cocok untuk project kecil maupun besar. Yii membantu web programmer membangun aplikasi kompleks dengan efektif dan efisien.

Yii diucapkan sebagai Yee atau [ji:], dan merupakan singkatan da “Yes, it is!”. Hal ini sering menjadi jawaban akurat untuk pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pengguna baru : Apakah cepat? Apakah aman? Apakah profesional? Apakah akan cocok untuk proyek berikutnya? Yes, it is!

2. CodeIgniter

CodeIgniter adalah framework PHP yang cukup powerfull dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk para web programmer yang membutuhkan toolkit sederhana namun elegan untuk membuat aplikasi web dengan fitur lengkap. Berbeda dengan Yii, CodeIgniter atau CI lebih sederhana karena diperuntukkan untuk web project ukuran kecil – menengah.

Dari segi pengguna, CodeIgniter lebih banyak digunakan dan dikenal daripada framework lainnya. Saat ini, pengembangan CodeIgniter telah mencapai versi 2.1.4.

3. Symfony

Framework Symfony adalah framework opensource yang mulai dikembangkan sejak 12 tahun yang lalu dan

dirilis pada tahun 2005. Symfony dikembangkan oleh perusahaan SensioLabs. Beberapa kelebihan symfony adalah cepat, fleksibelitas tidak terbatas(mudah diadaptasikan), Mudah dikembangkan dan diperluas, serta mudah untuk digunakan.Dengan pengembang SensioLabs yang memang sudah cukup berpengalaman dalam bidang ini, Symfony cukup powerfull untuk anda gunakan pada project website anda.

4. Zend Framework

Zend Framework 2 adalah Framework php open source untuk mengembangkan aplikasi web dengan menggunakan PHP 5.3+. Zend Framework 2 menggunakan kode berorientasi obyek (Object Oriented) 100% dan menggunakan sebagian besar fitur baru dari PHP 5.3, yaitu namespace, fungsi lambda dan closures. Zend Framework 2 berevolusi dari Zend Framework 1, Framework PHP yang sukses dengan lebih dari 15 juta download.

Struktur komponen Zend Framework 2 unik. Masing-masing komponen dirancang dengan beberapa ketergantungan pada komponen lainnya. ZF2 mengikuti prinsip desain object oriented SOLID. Arsitektur yang longgar ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan komponen mana yang mereka inginkan. Ini biasa disebut “Use-at-will”.

5. Laravel

Laravel adalah framework aplikasi web dengan sintaks yang ekspresif dan elegan. Pengembangnya percaya bahwa pengerjaan sebuah project harus menjadi pengalaman kreatif, menyenangkan dan memuaskan. Laravel mencoba menghilangkan rasa bosan dalam programming dengan mengurangi tugas-tugas umum yang digunakan dalam sebagian besar proyek-proyek web, seperti otentikasi, routing, sesi, dan caching.

Laravel bertujuan untuk membuat proses programming yang menyenangkan bagi pengembang tanpa mengorbankan fungsionalitas aplikasi. Untuk tujuan ini, pengembang telah mencoba untuk menggabungkan yang terbaik dari apa yang telah mereka lihat dalam kerangka web lain, termasuk kerangka yang diimplementasikan dalam bahasa lain, seperti Ruby on Rails, ASP.NET MVC, dan Sinatra.

6. CakePHP

CakePHP adalah framework php opensource yang dibuat sebagi struktur pondasi bagi programer untuk membuat aplikasi web. CakePHP memungkinkan Anda untuk bekerja dengan cara cepat dan terstruktur -tanpa kehilangan fleksibilitas.

CakePHP membuang proses monoton dalam pengembangan web. CakePHP juga menyediakan semua tools yang anda butuhkan untuk memulai coding, misalnya : logika khusus untuk aplikasi anda. CakePHP memiliki tim pengembang dan komunitas yang aktif sehingga membawa nilai tambah ke proyek anda.

7. FuelPHP

Framework ini dimulai pada akhir tahun 2010 oleh Dan Horrigan. Kemudian tak lama setelah itu, Dan Horrigan menyertakan Phil Sturgeon, Jelmer Schreuder, Harro Verton dan Frank de Jonge. Pada 2013, Steve west bergabung dengan tim. Tim ini telah puluhan tahun berpengalaman dengan PHP dan semuanya telah terlibat dengan framework opensource lain seperti CodeIgniter dan lain-lain.

FuelPHP mengambil pendekatan yang berbeda dari framework lain dan berusaha untuk menjadi berbasis masyarakat. FuelPHP baru berdiri selama 3 tahun dan telah memiliki lebih dari 300 pengembang yang berkomitmen pada source code dan bahkan ada yang membantu dalam dokumentasi.

Pengembangnya percaya bahwa siapa saja yang menggunakan framework ini, ada dalam posisi yang sama untuk menemukan bug, memperbaikinya dan mengirim permintaan memperbaiki bug dan fitur baru. Tidak ada “kita vs mereka” (pengembang vs pengguna) untuk komunitas ini. Hanya ada sekelompok pengembang yang berbagi tools dan bersama-sama meningkatkannya lebih baik lagi.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?