GENERASI TERBARU, JARINGAN 5G

Sebelum membahas teknologi jaringan internet 5G, apa Anda tahu arti huruf “G” tersebut? Huruf “G” berarti “generasi”. Sementara teknologi jaringan internet adalah konsep teknologi yang memiliki software untuk mendefinisikan skema radio dan modulasi yang dapat didownload melalui internet.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa teknologi jaringan internet 5G ialah jaringan wireless berbagai teknologi jaringan generasi kelima. Teknologi internet 5G kecepatan datanya dapat mencapai hingga 1Gbps.

Teknologi jaringan internet 5G saat ini belum menjadi istilah resmi yang digunakan, karena dokumen resmi belum diumumkan oleh perusahaan-perusahaan telekominikasi atau badan standarisasi, seperti WIMAX, ITU-R, dan 3GPP.

Professor Andy Sulton menytakan, bahwa jaringan 5G akan terdiri dari sejumlah sel yang mendukung kecepatan puncak antara 10 dan 100 Gbps. Teknologi tersebut disebut ultra low latency, yang berarti data akan diambil 1-10 milidetik lebih cepat dibandingkan dengan 4G sekira 40-60 milidetik.

Kecepatan teknologi jaringan internet 5G ini bisa digunakan untuk para penggila download atau menonton video dengan resolusi HD via internet. Dengan kecepaan yang ditawarkan dari teknologi baru ini, sebuah film yang berukuran 1 GB, dapat diunduh dalam waktu sedetik.

Pada tahun 2020, sekitar 50 miliar perangkat elektronik diharapkan dapat terhubung dengan teknologi jaringan internet 5G. Apalagi teknologi jaringan internet terbaru ini terintegrasi dengan Internet of Thing (loT).

Dengan menggunakan teknologi jaringan internet 5G, nantinya pengguna smartphone dapat terhubung dengan laptop atau komputer dengan akses internet broadband. Teknologi jaringan internet baru ini juga dapat kompatibel dengan berbagai macam alat elektronik lainnya. Teknologi jaringan internet terbaru dapat memberikan 1000 kali lipat kapasitas, dibandingkan dengan teknologi jaingan internet sebelumnya.

Selain itu, kemampuan akses datanya meningkat mulai 10 hingga 100 kali lipat dari teknologi jaringan internet sebelumnya. Tidak hanya itu, konsumsi energi dapat turunn hingga 90 persen, dengan menggunakan teknologi jaringan inernet terbaru.

Perangkat yang terhubung dengan teknologi jaringan internet 5 G dapat memilih salah satu dari bandwith yang berbeda. Hal ini berguna untuk menghindari overload frekuensi. Teknologi jaringan internet terbaru ini dikatakan unbreakable, yang berarti tidak ada penurunan dalam masalah komunikasi.

Terdapat beberapa fitur yang terdapat di dalam teknologi jaringan internet 5 G. Fitur-fitur yang terdapat di dalam teknologi jaringan internet terbaru yakni sebgai berikut:

  • 5G menawarkan keepatan tinggi bagi pengguna smartphone dan bandwith yang besar membentuk bidirectional.
  • Jaringan internet 5G menawarkan teknologi transporter kelas 5G gateway yang berjalan secara konsisten.
  • Membuat statistik lalu lintasnya lebih akurat.
  • Teknologi jaringan internet 5G mendukung virtual private network.
  • Memiliki kecepatan upload dan downloadnya konsisten.

 

 

 

 

Kategori: Jaringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?