Mengenal Software Video Editing

Mempelajari Video Editing mungkin sepuluh tahun yang lalu cukup sulit, seperti yang pernah saya rasakan. Namun untuk jaman sekarang ini sobat tidak perlu khawatir, karena selain banyaknya software Video Editing yang lebih mudah didapat sekarang ini untuk mencari tutorial sudah banyak sekali tersedia di dunia internet, baik di website, blog ataupun youtube. Software video editing sendiri sangat banyak dari versi gratis hingga berbayar, bahkan windows pun menyediakan software video editing yang otomatis terinstal pada saat install windows yakni Windows Movie Maker.

Berikut ini beberapa daftar Software untuk video editing :

Windows Movie maker, Ulead, Pinnacle, Corel Video Studio, Ashampoo Movie Studio, Canopus Edius, Avid, Cool Edit Pro, Final Cut, Adobe Premiere, tentu saja tidak ketinggalan Adobe After Effect dan banyak lagi software video editing yang lainya. Saya sendiri pernah menggunakan Ulead, Pinnacle, Canopus Edius,  Adobe Premiere dan Adobe After Effect. Dan menurut saya yang paling user friendly adalah Adobe Premiere, tapi tentu saja setiap orang memiliki pendapatnya sendiri.

Selain software video editing di atas tentu saja kita masih membutuhkan software penunjang dalam kegiatan video editing, salah satunya adalah software untuk edit ataupun recording audio dan sobat bisa memilih beberapa software diantaranya Nero Recode, Power Audio Editor, Sony Sound Forge dan Adobe Audition atau sobat bisa juga memilih software untuk record/ dubbing audio yang gratisan.

Software untuk membuat grafis juga sangat penting dalam hal video editing, karena tentu saja kita pasti akan memasukkan grafis ke dalam projek yang sedang kita kerjakan. Diantaranya yang bisa sobat gunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw dan masih banyak software untuk design grafis lain.

Software Video Converter pastinya juga dibutuhkan karena tidak semua format/ extension file bisa diimport/ masuk ke dalam software video editing yang kita gunakan. Misalnya format mp4, wmv dan juga mts, jadi fungsinya adalah mengkonvert atau merubah format file menjadi format yang bisa masuk ke dalam software video editing yang kita gunakan misalnya format yang paling sering digunakan adalah AVI. Contoh software untuk convert video yang cukup bagus adalah Xilisoft Video Converter dan Tmpgenc, tentunya masih banyak sekali software video converter yang bisa sobat dapatkan di internet.

Teknik mengedit video sendiri sebenarnya cukup mudah, teknisnya hanya memasukkan/ import file – edit/ memotong video yang tidak diperlukan serta menambahkan atau membuang audio yang diinginkan, setelah itu export/ render. Pada intinya kita akan membuat video itu sesuai dengan narasi/ naskah dan tentunya penambahan effect terkadang diperlukan untuk memperindah tampilan serta membuat audio lebih bagus. Khusus untuk penambahan video sobat sebaiknya menyesuaikan dengan tema projek yang sedang dikerjakan dan saran saya ikuti irama music untuk setiap transisi atau perpindahan gambar, maka video tersebut akan enak dilihat.

Sekian tulisan dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau barangkali ingin menambahkan atau memberikan koreksi saya akan sangat senang bila sobat menuliskanya di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan salam untuk semua editor video.

Kategori: Multimedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?