Mengenal Multimedia

hello guys kali ini aku mau buat posting tentang Multimedia. hmmm…..pasti kalian sudah sering mendengar kata-kata ini, bukan? disekolah aku wakti SMK ada nih jurusan multimedia, yang aku tau multimedia disekolah aku mempelajari beberapa tekhnik foto, design, bikin film juga.

oke langsung aja nih tanpa berbasa-basi kita akan membahas macam-macam tentang multimedia

 A.Pengertian Multimedia  

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi,berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

 

Definisi Multimedia menurut beberapa ahli

  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk2002)
  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  3. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
  4. Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
  5. Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
  6. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)

sumber: http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_multimedia.html

Elemen Multimedia

Menurut Hofstetter (2001, p16) komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:

  1. Teks
    Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks
    merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
  2. Grafik (image)
    Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
  3. Audio
    Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
    Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :

    1. WAVE
      Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
    2. MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
      MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
  4. Video
    Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan
    emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
  5. Animasi
    Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
    Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup
    semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering.

 

  1. Multimedia Design
  • pengertian design 

Desain secara etimologi, istilah Desain berasal “dari tadi” beberapa serapan bahasa, yaitu kata “designo” (Itali) yang secara gramatikal berarti gambar dan bermakna.

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni, terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

menurut saya dari pengertian di atas dapat di simpulkan mulitimedia design adalah gabungan dari teks,gambar,suara,animasi,dan video yang di proses untuk menciptakan suatu ide yang kreatif sehingga mendapatkan hasil akhir yang memuaskan.

 

  1. Multimedia Interaktive

Menurut (Feby ardiansyah dkv 10)
Multimedia Pembelajaran interaktif merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk menyalurkan pesan pembelajaran berupa pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa dalam belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif adalah media yang dirancang agar siswa dapat belajar secara mandiri, aktif dan terkendali.

  

Apa Pengertian Multimedia Interaktif ?
Multimedia adalah suatu media sangat komplek yang menggabungkan beberapa unsur media yang melibatkan teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi.Apa Manfaat Multimedia Pembelajaran Interaktif?Adanya multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain pembelajarn yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif, kualitas belajar belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat belajar belajar siswa dapat ditingkatkan.Apa kelebihan multimedia pembelajaran interaktif dibandingkan media yang lain

  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata. Dengan bantuan multimedia maka dapat ditampilkan benda-benda seperti kuman, bakteri, elektron, dll. dengan demikian benda-benda tersebut akan mudah dipahami oleh siswa.
  2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah. Dengan demikian kita dapat menyajikan benda-benda seperti gedung, gajah, gunung, candi, rumah, dll. Sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara riil melaui gambar, movie atau animasi.
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit,da berlangsung cepat atau lambat. Adanya kemampuan ini maka guru dapat menyajikan melaui gambar animasi atau movie tentang susunan atom, sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet-planer, berkembangnya bunga, dll.
  4. Menyajikan suatu benda atau peristiwa yang jauh. melalui multimedia maka guru dapat menghadirkan obyek-obyek seperti planet, bulan, bintang, salju ke dalam ruang kelas.
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya. Dengan kemampuan ini maka guru dapat menyajikan peristiwa-peristiwa yang berbahaya seperti ledakan bom, peluncuran roket, letusan gunung berapi, kebakaran, binatang buas, racun, dll.
  6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. Dengan kemampuan ini maka pembelajaran dapat berlangsung secara menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa

 

 

  1. Teknologi Terbaru dari Multimedia

Perkembangan Teknologi terbaru saat ini sangat banyak. salah satunya tablet terbaru dari samsung.

Kini Samsung GALAXY Tab kembali dengan seri terbarunya, Samsung GALAXY Tab 3 8.0”. Dengan layar yang lebih luas yakni 8 inci, menikmati berbagai konten multimedia favorit terasa lebih memuaskan. Video berkualitas full HD dengan beragam format dapat diputar di tablet beresolusi 1280x800p ini. Keindahan grafis video full HD makin sempurna dengan suara yang megah, jernih dan volume konstan dari teknologi Samsung Sound AliveTM dan Dolby Sound Effect.

Coba juga bermain-main dengan fitur Group Play untuk membuktikan kejernihan suara Samsung GALAXY Tab 3 8.0”. Melalui fitur Group Play, Anda dapat berbagi konten multimedia dengan device Samsung lainnya (yang sudah support Group Play) secara cepat dan mudah. Mainkan lagu atau video secara bersamaan untuk menghadirkan tata suara yang mengesankan.

Bagi Anda yang senang membaca e-book, Samsung GALAXY Tab 3 8.0” sudah dilengkapi fitur Reading Mode yang otomatis menyesuaikan layar agar mata tak terlalu lelah saat membaca dalam waktu lama. Jika ingin menonton video sambil melakukan hal lain, aktifkan dua layar sekaligus dengan Dual View atau gunakan saja fitur Pop-up Video.

Samsung GALAXY Tab 3 8.0” juga dapat berfungsi sebagai remote dan ‘pusat kendali’ TV. Cukup hubungkan tablet ini dengan Samsung SMART TV Anda. Melalui fitur WatchON dan Samsung Hub, Anda dapat memperoleh rekomendasi program dan channel yang menarik sesuai preferensi. Duduk, santai dan serahkan semuanya pada Samsung GALAXY Tab 3 8.0”.

 

TV Resolusi Ultra HD Jadi Standar

Sebagian besari dari kita mungkin telah akrab dengan resolusi layar Full HD atau SuperHD. Namun bagaimana rasanya jika Anda menonton film atau memainkan game dengan resolusi layar Ultra HD? Teknologi inilah yang diperkenalkan oleh The Consumer Electronics Association (CEA) di California, Amerika Serikat pada bulan Oktober lalu. Teknologi ini disebut-sebut akan menjadi stAndar baru pada teknologi resolusi layar.

 

Teknologi Ultra HD ini nantinya akan mendukung tampilan resolusi hingga 3840 x 2160 piksel. CEO dan Presiden Direktur CEA, Gary Shapiro menyebutkan ini akan menjadi standar baru untuk konsumen dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Menariknya, justru sudah ada beberapa produk yang telah mendukung resolusi Ultra HD ini di pasaran, salah satunya adalah Sony VPL-VW1000ES.

 

Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada produk consumer maupun film yang mendukung resolusi Ultra HD, sehingga penggunaannya jadi tidak optimal. Diprediksi, teknologi Ultra HD ini akan menjadi daya tarik di pagelaran CES yang akan digelar pada tanggal 8-11 Januari 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kategori: Multimedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?