Mengenal Animasi 3D

Animasi 3D merupakan salah satu bentuk seni kreatif yang bersifat dinamis dan terus berkembang. Seni ini banyak kita jumpai dalam dunia film, media iklan, dan yang lainnya. Pengertian Animasi 3D sendiri adalah representasi dari sebuah model yang dapat dilihat dari segala arah, mempunyai bentuk, ruang dan volume. Animasi 3D dibuat dengan menggunakan kamera animasi yang mampu mengcapture frame demi frame dengan objek atau model yang bisa berasal dari boneka, lilin, ataupun clay. Animasi 3D juga bisa dibuat menggunakan komputer dengan bantuan software animasi yang mempunyai kemampuan khusus.

 

Animasi 3D dapat dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu Animasi 3D FullAnimasi 3D & 2D, dan live-shoot.

1. Animasi 3D Penuh

Jenis ini merupakan animasi yang menggunakan teknik 3D secara keseluruhan, baik model maupun tampilan. Beberapa contoh filmnya adalah Kungfu Panda, Finding Nemo, Ice Age, Monster Inc, Toy Story, dan yang lainnya.

  1. Animasi 3D & 2D                                                                                                                                                                                                                                                                                   Jenis ini merupakan hasil dari penggabungan animasi 3D dan animasi 2D. Tokoh atau karakter dalam animasi ini biasanya berupa 2D dan background atau peralatan lain berupa 3D. Beberapa contoh filmnya adalah Brother Bear, Titan A.E, dan yang lainnya.

    3. Animasi Live Shoot                                                                                                                                                        

    Jenis animasi ini adalah penggabungan animasi 3D dengan live-shoot (syuting langsung). Teknologi ini banyak dipakai dalam film Hollywood dengan alasan mempermudah proses produksi film terutama pada adegan yang rumit. Beberapa contoh filmnya adalah Spiderman, Kingkong, Garfield, dan masih banyak lagi.

     

Kategori: Multimedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya & Beli Program?